Mengetahui perkara yang dicintai dan disayangi allah

Waktu: Minggu, 14 April 2013
Tempat: Guatemaladreef, Utrecht, Belanda
Pemateri: Ibu Astin (Almere)
1. Pembukaan

Islam mengajarkan kepada kita untuk pintar dan kritis dalam menyaring setiap ilmu yang diperoleh. Bagian sebuah “saringan”, Aqidah merupakan alat penyaringnya. Berbicara tanpa ilmu merupakan awal kerusakan dunia.

Syarat pertama dalam menuntut ilmu adalah meluruskan niat kita. Niatkan semuanya hanya karena Allah SWT. Lalu, kita juga harus ikhlas dalam menuntut ilmu.

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. “
QS. Al Mujadalah 11

Rasulullah juga berpesan

“Ada dua perkara yang apabila kalian berpegang teguh kepadanya maka kalian tidak akan tersesat, yaitu (1) Alquran dan Sunnah (2) selalu bersyukur dan sabar dalam menghadapi cobaan. “
2. Materi Utama

Ibadah adalah suatu ungkapan yang digunakan untuk semua perkara yang dicintai dan diridoi Allah. Makan adalah contoh sederhana dari kegiatan ibadah. Jika dilakukan dengan benar (yaitu seperti dengan memakai tangan kanan dan didahului dengan berdoa), kegiatan sederhana ini akan dinilai ibadah oleh Allah SWT.

Manusia dapat mengetahui hal-hal yang dicintai dan disayangi Allah melalui diutusnya para rasul dan kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah. Dengan adanya kedua perkara ini, Allah telah menghujah manusia dengan kuat, sehingga tidak ada alasan bagi manusia untuk tidak mengetahuinya ketika ditanya di akhirat kelak. Dalam hal ini, Allah juga telah menyempurkan hikmahnya dan menegakkan hujahnya.

“(Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”
QS. An-Nisaa 165

“Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
QS. Al-Imran 31

Kita sudah mengadakan perjanjian dengan Allah pada saat penciptaan manusia. Kita berjanji bahwa tidak ada ilah yang berhak untuk ibadahi selain allah. Dan selain itu, allah telah memilih rasul untuk menyampaikan syariat.

“Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga ’Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing),”
QS. Al-Imran 33

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu”, maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya Maka berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).”
QS. An Nahl 36

“Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada suatu umatpun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan.”
QS. Faathir 24

Ada 2 cara utama dalam berdakwah, sesuai yang dilakukan Nabi dan Rasul, yaitu

  • Memberikan kabar gembira, janji-janji Allah di dunia dan akhirat jika mengikuti ajaran-ajaran Allah
  • Memberikan peringatan, azab, dan pengetahuan tentang neraka, jika ingkar atas ajaran-ajaran Allah

“Apakah kamu (tidak percaya) dan heran bahwa datang kepadamu peringatan dari Tuhanmu yang dibawa oleh seorang laki-laki di antaramu untuk memberi peringatan kepadamu? Dan ingatlah oleh kamu sekalian di waktu Allah menjadikan kamu sebagai pengganti-pengganti (yang berkuasa) sesudah lenyapnya kaum Nuh, dan Tuhan telah melebihkan kekuatan tubuh dan perawakanmu (daripada kaum Nuh itu). Maka ingatlah ni’mat-ni’mat Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.”
QS. Al A’raf 59

“Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya (dengan memerintahkan): “Berilah kaummu peringatan sebelum datang kepadanya azab yang pedih”. Nuh berkata: “Hai kaumku, sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang menjelaskan kepada kamu, (yaitu) sembahlah olehmu Allah, bertakwalah kepada-Nya dan ta’atlah kepadaku, niscaya Allah akan mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menangguhkan kamu sampai kepada waktu yang ditentukan. Sesungguhnya ketetapan Allah apabila telah datang tidak dapat ditangguhkan, kalau kamu mengetahui”.
QS. Nuh 1-4

“Katakanlah: “Aku tidak meminta upah sedikitpun kepada kamu dalam menyampaikan risalah itu, melainkan (mengharapkan kepatuhan) orang-orang yang mau mengambil jalan kepada Tuhannya.””
QS. Al-Furqaan 56

“Sesungguhnya Kami telah mengutusmu (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka.”
QS. Al-Baqarah 119

Perbedaan Nabi dan Rasul:

  • Rasul: orang-orang pilihan Allah yang diutus pada kaum yang belum beriman kepada Allah
  • Nabi: orang-orang pilihan Allah yang diutus pada kaum yang sudah beriman.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir.”
QS. Al-Maaidah 44

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s